Mata kuliah ini mempelajari konsep dan teknik pengujian sebagai bagian dari aspek penjaminan kualitas perangkat lunak. Topik yang dibahas meliputi pengujian unit, modul, integrasi, level-level pengujian, pengujian manual dan otomatis, pengujian fungsional dan non fungsional dan lain sebagainya.

Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa berupa keterampilan pengujian perangkat lunak secara terstruktur dan terorganisasi, pengetahuan praktis terhadap berbagai teknik dan cara pengujian, memahami tradeoff dan perbedaan di antara teknik pengujian yang tersedia.

Aktivitas Pembelajaran

Pada tahap awal mahasiswa akan dikenalkan tentang konsep dasar penjaminan kualitas dan pengujian perangkat lunak. Penjaminan kualitas dimulai dengan metrik kualitas perangkat lunak dari sisi produk dan proses. Selanjutnya mahasiswa akan diminta memahami konsep dasar dan pentingnya pengujian perangkat lunak serta kaitannya dengan penjaminan kualitas.

Pada beberapa pertemuan berikutnya mahasiswa akan diminta untuk mengamati dan membuat beberapa program dengan struktur yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan agar mahasiswa terbiasa membaca dan menganalisis kode program untuk dilakukan pengujian yang menyeluruh. Selain itu pula untuk memperkuat keterampilan mahasiswa dalam hal pengujian unit, integrasi, sistem dan acceptance. Harapannya mahasiswa bisa langsung memahami sisi teori dan praktik secara langsung.

Mahasiswa juga akan diberikan studi kasus proyek pengujian perangkat lunak yang sudah/sedang dikembangkan oleh perusahaan software, penelitian/proyek dosen, penelitian/skripsi mahasiswa. Melalui proyek pengujian tersebut diharapkan mahasiswa menjadi terampil untuk mengelola, mengorganisir, mendesain, melaksanakan pengujian perangkat lunak secara tersistematis berdasarkan studi kasus yang nyata di lapangan/dunia kerja.

Bobot: 3 SKS

Komponen penilaian:

UTS: 30%

UAS: 35%

Tugas+Lab: 35%

Referensi/bahan kuliah: http://bit.ly/2cLhj44