Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep dasar dan teori-teori psikologi yang tercakup ke dalam studi psikologi pendidikan sebagai suatu disiplin. Bagi mahasiswa yang berasal dari luar psikologi (murni) dan psikologi pendidikan dan bimbingan, mata kuliah ini merupakan pengetahuan prasyarat yang sangat penting dan harus ditempuh pada semester awal untuk mempermudah mempelajari mata-mata kuliah lain yang bersifat lanjutan (advance). Materi kajian dalam mata kuliah ini meliputi konsep dasar psikologi pendidikan, teori perkembangan kognitif dan bahasa, teori perkembangan sosial dan emosi, teori perkembangan moral dan agama, teori variasi individual, perbandingan dan pengukuran teori variasi individual, teori belaar Ibnu Khaldun, terori belajar pendekatan behavioristik, kognitif, humanistik, kontruktivistik,  dan teori pendekatan pemrosesan informasi, ditutup dengan materi pengelolaan dan asesmen kelas. Setiap materi atau pokok bahasan ditelaah berbasis perspektif ke-Islaman, serta didukung setian konsep dan teori dengan kajian implikasi konsep dan teori tersebut dalam kegiatan pendidikan atau pembelajaran