PLPG

PELAYANAN RESEP ini merupakan salah satu Bidang Kajian dari 7 Bidang kajian yang ada dalam Hybrid Learning Program PPG Dalam Jabatan oleh Prodi farmasi Universitas Ahmad Dahlan.

   

Pada Bidang kajian PELAYANAN RESEP ini dibagi menjadi empat (4) sub kajian yaitu: 1. Sub-kajian tentang pelayanan Resep, 2. Sub-Kajian tentang Pengelolaan Sediaan Farmasi dan Alkes, 3. Sub-Kajian tentang Pelayanan Swamedika, dan 4. Sub-kajian tentang Peraturan perundang-undangan kefarmasian.

 

Setelah mengakses dan mengikuti perkuliahan ini peserta perkuliahan diharapkan Menguasai:

1. Etika, hukum dan standar pelayanan Farmasi sebagai landasan dalam memberikan pelayanan kefamasian

2. Pelayanan resep; (penerimaan, skrining administrasi, penyiapan dan peracikan sediaan farmasi dan pemberian informasi), pelayanan swamedikasi; pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan, bahan medis habis pakai; dan pekerjaan teknis farmasi klinik sesuai dengan etika dan aspek legal yang berlaku.

 

Adapun pengampu bidang kajian ini adalah

1. Dr. Wahyu Widyaningsih, MSi, A.pt untuk sub bidang kajian Pelayanan Resep dan sub bidang kajian Pelayanan Swamedika.

2. Faridah Baroroh, M. Sc. Apt untuk sub bidang kajian Pengelolaan Sediaan Farmasi dan Alkes, serta sub bidang kajian Peraturan perundang-undangan kefarmasian.

  

--- SELAMAT BELAJAR ---

PRODUKSI SEDIAAN FARMASI ini merupakan Kajian ke dua dari 7 Bidang kajian yang ada dalam Hybrid Learning Program PPG Dalam Jabatan oleh Prodi farmasi Universitas Ahmad Dahlan.

   

Pada Bidang kajian PRODUKSI SEDIAAN FARMASI ini dibagi menjadi empat (4) sub kajian yaitu: 1. Sub-kajian tentang Farmasi Industri, 2. Sub-Kajian tentang Pengembangan Sediaan Obat Tradisional, 3. Sub-Kajian tentang Pembuatan dan evaluasi sediaan padat, dan 4. Sub-kajian tentang pembuatan dan evaluasi sediaan cair dan semi padat.

 

Setelah mengakses dan mengikuti perkuliahan ini peserta perkuliahan diharapkan Menguasai:

1. Menguasai teknik, prinsip, dan prosedur pembuatan sediaan Farmasi yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok.

2. Pekerjaan produksi sediaan farmasi yang meliputi: menimbang, mencampur, mencetak, mengemas dan menyimpan mengacu pada cara pembuatan yang baik (good manufacturing practice) sesuai dengan aspek legal yang berlaku

 

Adapun pengampu bidang kajian ini adalah

1. Siti Fatimah Fatmawati, MSc., Apt untuk sub kajian Farmasi Industri.

2. Dr. Nanik Sulistyani, M. Si., Apt untuk sub bidang kajian Pengembangan Sediaan Obat Tradisional.

3. Dr. Nining Sugihartini, M. Si., Apt untuk sub bidang kajianPembuatan dan evaluasi sediaan padat, cair dan semi padat.

 

  

--- SELAMAT BELAJAR ---

Distribusi Sediaan Farmasi ini merupakan bidang kajian ke tiga dari 7 Bidang kajian yang ada dalam Hybrid Learning Program PPG Dalam Jabatan oleh Prodi farmasi Universitas Ahmad Dahlan.

   

Pada Bidang kajian Distribusi Sediaan Farmasi ini dibagi menjadi empat (4) sub kajian yaitu: 1. Sub-kajian tentang Bangunan dan peralatan penyimpanan, 2. Sub-Kajian tentang Cara Distribusi Obat yang baik, 3. Sub-Kajian tentang Distribusi obat-obat khusus, dan 4. Sub-kajian tentang Distribusi Obat Di Rumah Sakit (RS).

  

Setelah mengakses dan mengikuti perkuliahan ini peserta perkuliahan diharapkan Menguasai:

1. Konsep teoritis dan  prosedur managemen dan distribusi perbekalan Farmasi.

2. Memiliki ketrampilan dalam distribusi sediaan farmasi, alat kesehatan, vaksin dan bahan medis habis pakai mengacu pada cara distribusi yang baik yang telah ditetapkan sesuai dengan etik dan aspek legal yang berlaku.

  

Adapun pengampu bidang kajian ini adalah

1. Siti Fatimah Fatmawati, M.Sc., Apt untuk sub bidang kajian Bangunan dan peralatan penyimpanan.

2. Dr. Nurkhasanah, M.Si., Apt. untuk sub bidang kajian Cara Distribusi Obat yang baik dan Distribusi obat-obat khusus.

3. Dr. Nanik Sulistyani, M.Si., Apt untuk sub bidang kajian Distribusi Obat di RS.

  

  

--- SELAMAT BELAJAR ---

Data Kefarmasian ini merupakan bidang kajian ke empat dari 7 Bidang kajian yang ada dalam Hybrid Learning Program PPG Dalam Jabatan oleh Prodi farmasi Universitas Ahmad Dahlan.

    

Pada Bidang kajian Data Kefarmasian ini dibagi menjadi empat (4) sub kajian yaitu: 1. Sub-kajian tentang Jenis-jenis data, 2. Sub-Kajian tentang Prinsip pengambilan data, 3. Sub-Kajian tentang Analisis data, dan 4. Sub-kajian tentang Analisis Data menggunakan Program SPSS.

   

Setelah mengakses dan mengikuti perkuliahan ini peserta perkuliahan diharapkan Mampu:

1. Menguasai teknik pengumpulan, klasifikasi, dan dokumentasi informasi kefarmasian.

2. Mampu membantu melakukan pengumpulan data, pengolahan data dan menyusun laporan kasus dan atau laporan kerja  sesuai dengan ruang lingkup penelitian kefarmasian.

   

Adapun pengampu bidang kajian ini adalah

1. Dr. Iis Wahyuningsih, M.Si., Apt., untuk sub bidang kajian Jenis-jenis data dan Prinsip pengambilan data.

2. Dr. drh Sapto Yuliani, M.P untuk sub bidang kajian Analisis data dan Analisis Data menggunakan Program SPSS.

   

    

--- SELAMAT BELAJAR ---

Pelayanan Informasi Obat ini merupakan bidang kajian ke kelima dari 7 Bidang kajian yang ada dalam Hybrid Learning Program PPG Dalam Jabatan oleh Prodi farmasi Universitas Ahmad Dahlan.

    

Pada Bidang kajian Pelayanan Informasi Obat ini dibagi menjadi empat (4) sub kajian yaitu: 1. Sub-kajian tentang Komunikasi efektiif, 2. Sub-Kajian tentang Informasi obat, 3. Sub-Kajian tentang Farmakoterapi penyakit communicable desease, dan 4. Sub-kajian tentang Farmakoterapi penyakit non communicable disease.

   

Setelah mengakses dan mengikuti perkuliahan ini peserta perkuliahan diharapkan mampu:

1. Menguasai konsep, prinsip dan teknik komunikasi dalam pelaksanaan pelayanan kefarmasian

2. Mampu menyampaikan informasi terkait pelayanan  kefarmasian melalui komunikasi yang efektif baik interpersonal maupun professional kepada pasien, sejawat, apoteker, praktisi kesehatan lain dan masyarakat sesuai dengan kewenangan  yang menjadi tanggung jawabnya.

   

Adapun pengampu bidang kajian ini adalah

1. Dr. Dyah Aryani Perwitasari, Ph.D., Apt untuk sub bidang kajian Komunikasi efektiif dan peralatan penyimpanan.

2. Imaniar Nur Faridah, M.Sc., Apt untuk sub bidang kajian Farmakoterapi penyakit communicable desease dan penyakit non communicable disease.

   

    

--- SELAMAT BELAJAR ---

Promosi Kesehatan Masyarakat ini merupakan bidang kajian ke enam dari 7 Bidang kajian yang ada dalam Hybrid Learning Program PPG Dalam Jabatan oleh Prodi farmasi Universitas Ahmad Dahlan.

   

Pada Bidang kajian Promosi Kesehatan Masyarakat ini dibagi menjadi empat (4) sub kajian yaitu: 1. Sub-kajian tentang epidemologi, 2. Sub-Kajian tentang Manajemen pelayanan kesehatan, 3. Sub-Kajian tentang Keselamatan dan kesehatan kerja, dan 4. Sub-kajian tentang Kesehatan lingkungan.

  

Setelah mengakses dan mengikuti perkuliahan ini peserta perkuliahan diharapkan mampu:

1. Menguasai konsep, prinsip, dan teknik penyuluhan sebagai upaya promosi kesehatan bagi masyarakat.

2. Mampu memberikan penyuluhan kesehatan khususnya bidang kefarmasian.

  

Adapun pengampu bidang kajian ini adalah

1. Hafizah Dania, M.Sc., Apt untuk sub bidang kajian Epidemologi dan kesehatan lingkungan.

2. Ana Hidayati, M.Sc., Apt untuk sub bidang kajian Manajemen pelayanan kesehatan dan Keselamatan dan kesehatan kerja.

   

   

--- SELAMAT BELAJAR ---