Pertemuan ke :

Kompetensi Dasar

Indikator

Pokok

Bahasan/Materi

Aktivitas Pembelajaran

Rujukan

1

 

 

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mendapatkan konsep dan pendahuluan tentang perangkat lunak.

 

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:

  1. memahami definisi dari perangkat lunak
  2. memahami jenis-jenis produk dari perangkat lunak
  3. menyebutkan kembali jenis aplikasi perangkat lunak
  4. memahami evolusi perangkat lunak
  5. menyebutkan kembali atribut kualitas perangkat lunak
  6. memahami pentingnya standar kualitas perangkat lunak
  7. memahami ukuran/takaran jaminan kualitas
  8. memahami permasalahan dan krisis dalam perangkat lunak
  9. memahami mitos yang terdapat pada pengembangan perangkat lunak
  10. mampu menganalisis sebab-sebab evolusi perangkat lunak
  11. menjelaskan kembali jenis-jenis evolusi perangkat lunak

Pendahuluan tentang perangkat lunak

Kuliah, Mimbar

Ref.1  hal : 1 s.d. 12

 

2

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mendapatkan materi sejarah perkembangan rekayasa perangkat lunak dan peranannya di masyarakat.

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:

  1. memahami pengertian rekayasa perangkat lunak (software engineering)
  2. memahami definisi rekayasa perangkat lunak
  3. memahami arti penting rekayasa perangkat lunak
  4. menyebutkan kembali pelaku dalam rekayasa perangkat lunak
  5. memahami & menyebutkan kembali hubungan rekayasa perangkat lunak dengan ilmu komputer, dan rekayasa sistem
  6. memahami software process
  7. memahami dan mengetahui pengertian model proses (paradigma)
  8. mengamati peranan yang dapat diperoleh dari penggunaan perangkat lunak di masyarakat
  9. menjelaskan kembali sejarah singkat perangkat lunak

Sejarah rekayasa perangkat lunak dan peranannya di masyarakat

Kuliah, Mimbar

Ref.1  hal : 13 s.d.15

3

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mendapatkan materi CASE tools dan profesionalisme di bidang RPL

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:

  1. memahami kategori CASE tools
  2. menyebutkan kembali CASE tools untuk pembuatan perangkat lunak

c. memahami klasifikasi CASE tools

d.memahami kemampuan integrasi CASE tools dengan perangkat lunak lain

  1. menggunakan CASE tools untuk pembuatan perangkat lunak sederhana
  2. memahami hal-hal pokok dalam tanggung jawab profesionalisme
  3. memahami kode etik (ACM/IEEE)
  4. menyebutkan & mengamalkan kode etik profesionalisme
  5. menganalisis kasus pelanggaran kode etik dalam bidang RPL
  6. menjelaskan kembali topik-topik global dari kode etik bidang RPL

 

CASE Tools dan profesionalisme di bidang Rekayasa Perangkat Lunak

 

Kuliah, Mimbar, praktek

Ref.1  hal : 16 s.d.25

4

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mendapatkan materi tahapan pengembangan dan model proses.

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:

  1. memahami dan menyebutkan lapisan teknologi (Layerd Technology) dalam RPL
  2. menguraikan layer-layer yang terdapat di suatu pengembangan perangkat lunak
  3. memahami fase umum dalam pengembangan perangkat lunak
  4. memahami dan menerapkan proses dan standarisasi dalam RPL
  5. menerapkan model proses dalam proyek sederhana

Tahapan pengembangan dan model proses

 

Kuliah, Mimbar, praktek

Ref.1  hal : 26 s.d.57

5

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mendapatkan materi manajemen proyek 91)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:

  1. memahami pengertian proyek dan manajemen proyek
  2. memahami pembagian personalia dan tim proyek
  3. memahami cakupan manajemen proyek
  4. menjelaskan kembali cakupan manajemen proyek
  5. menerapkan ke dalam kegiatan tugas proyek mata kuliah RPL dalam pembentukan tim

Manajemen proyek(1)

Kuliah, Mimbar, praktek

Ref.1  hal : 58 s.d.87

6

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mendapatkan materi manajemen proyek. (2)

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:

  1. memahami langkah-langkah perencanaan proyek
  2. memahami dan menerapkan pengukuran dan kualitas
  3. memahami faktor resiko dan pengendaliannya
  4. memahami dan membuat penjadwalan dan penelusuran proyek
  5. memahamai jaminan kualitas perangkat lunak
  6. memahami manajemen konfigurasi perangkat lunak
  7. menerapkan poin-poin di atas dalam tim tugas proyek mata kuliah RPL

Manajemen proyek (2)

Kuliah, Mimbar, praktek

Ref.1  hal : 58 s.d.87

7

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mendapatkan materi rekasaya sistem dan rekayasa kebutuhan perangkat lunak

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:

  1. memahami konsekuensi rekayasa sistem
  2. memahami dan menyebutkan kembali komponen pendukung sistem berbasis komputer
  3. memahami prinsip kerja rekayasa sistem informasi
  4. memahami prinsip kerja rekayasa produk
  5. mengetahui biaya-biaya yang mungkin timbul selama rekayasa sistem
  6. memahamai pembuatan pemodelan arsitektur sistem
  7. memahami konsep dan prinsip rekayasa kebutuhan dalam RPL
  8. menerapkan dalam tugas proyek mata kuliah RPL

Rekayasa sistem dan rekayasa kebutuhan perangkat lunak

Kuliah, Mimbar, praktek

Ref.1  hal : 88 s.d.102

8

UJIAN TENGAH SEMESTER

9

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mendapatkan materi prinsip, konsep, dan metode analisis

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:

  1. memahami definisi, prinsip, dan konsep analisis kebutuhan
  2. mengetahui teknik komunikasi
  3. memahami prinsip-prinsip analisis
  4. memahami prototyping software
  5. memahami dan membuat spesifikasi kebutuhan perangkat lunak
  6. memahami metode analisis berbasis terstruktur
  7. memahami metode analisis berbasis objek
  8. menerapkan ke dalam tugas proyek mata kuliah RPL

Prinsip, konsep, dan metode analisis.

 

Kuliah, Mimbar, praktek

Ref.1  hal : 103 s.d.115

10

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mendapatkan materi pemodelan analisis

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:

  1. mengetahui elemen-elemen model model analisis,
  2. memahami aliran informasi
  3. memahami fungsi model analisis,
  4. memahami tingkah laku pemodelan,
  5. melakukan overview terhadap metode analisis klasik,
  6. memahami strategi pemodelan analisis.
  7. menerapkan ke dalam tugas proyek mata kuliah RPL

Pemodelan analisis

Kuliah, Mimbar, praktek

Ref.1  hal : 116 s.d.125

11

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mendapatkan materi prinsip dan konsep desain

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:

  1. memahami definisi desain
  2. memahami prinsip desain
  3. memamahi konsep desain
  4. memahami dan menyebutkan kembali tahapan desain
  5. memahami metode terstruktur
  6. memahami metode desain berorientasi objek
  7. menerapkan ke dalam tugas proyek mata kuliah RPL

Prinsip dan konsep desain

 

 

Kuliah, Mimbar, praktek

Ref.1  hal : 126 s.d.136

12

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mendapatkan materi model-model

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:

  1. memahami dan menggunakan model desain data
  2. memahami dan menggunakan model desain Arsitektur
  3. memahami proses desain arsitektur
  4. mengetahui pasca pemrosesan desain
  5. menggunakan teknik optimasi desain arsitektur
  6. mengetahui dan menggunakan desain interface
  7. mengetahui desain prosedural
  8. mengetahui desain coding
  9. menerapkan ke dalam tugas proyek mata kuliah RPL

Model-model desain

 

 

Kuliah, Mimbar, praktek

Ref.1  hal : 136 s.d.142

13

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mendapatkan materi tahap implementasi perangkat lunak.

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:

  1. memahami tujuan tahap implementasi perangkat lunak,
  2. memahami lingkungan pemrograman yang baik,
  3. memahami gaya pemrograman
  4. memahami portability & reusability,
  5. memahami, mengetahui, dan  menyebutkan kembali CASE tools dalam implementasi,
  6. memahami prinsip kerja incremental implementation
  7. menerapkan ke dalam tugas proyek mata kuliah RPL

Tahap implementasi perangkat lunak

Kuliah, Mimbar, praktek

Ref.1  hal : 143 s.d.155

14

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mendapatkan materi tahap pengujian perangkat lunak dan strateginya

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:

  1. memahami pengertian pengujian perangkat lunak
  2. memahami sasaran utama pengujian perangkat lunak
  3. memahami tingkatan pengujian perangkat lunak
  4. memahami prinsip kerja pengujian perangkat lunak
  5. memahami testabilitas pengujian perangkat lunak
  6. mengetahui para pelaku pengujian
  7. memahami langkah perencanaan dan penjadwalan pengujian
  8. memahami pendekatan strategis ke pengujian perangkat lunak (pengujian unit, pengujian integrasi, pengujian validasi, pengujian sistem, debugging)
  9. memahami dan mengetahui dokumentasi pengujian
  10. menjelaskan kembali strategi pengujian perangkat lunak

Tahap pengujian perangkat lunak dan strateginya

Kuliah, Mimbar, praktek

Ref.1  hal : 156 s.d.165

15

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mendapatkan materi tahap pengujian perangkat lunak dan strateginya.

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:

  1. mengetahui dasar-dasar pengujian perangkat lunak
  2. mengetahui dan menerapkan desain test case
  3. mengetahui dan menerapkan pengujian white box
  4. mengetahui dan menerapkan pengujian basis path
  5. mengetahui dan menerapkan pengujian struktur kontrol
  6. mengetahui dan menerapkan pengujian black box
  7. menerapkan ke dalam tugas proyek mata kuliah RPL

Teknik pengujian perangkat lunak

Kuliah, Mimbar, praktek

Ref.1  hal : 166 s.d.171

16

UJIAN AKHIR SEMESTER