Prodi Bisnis Jasa Makanan D4

Diskripsi singkat MK

Mempelajari dasar hukum, sebab akibat, hikmah sampai metode penyiapan, pengujian dan sertifikasi jaminan halal untuk produk pangan. penyiapan produk halal dengan memperhatikan produk turunan dari babi, titik kritis produk setiap tahapan prosesnya.

Mata kuliah ini mengajarkan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan kulineri seperti teknik dasar persiapan memasak, pemotongan, pengolahan hingga penyajian makanan. Mahasiswa akan belajar secara langsung di dalam laboratorium kuliner dari mulai persiapan bahan dan alat yang digunakan, pengolahan dan penyajian makanan. Mahasiswa juga diajarkan berbagai teknik pengolahan dasar seperti teknik memasak dengan cara panas kering dan juga panas basah. 

Diharapkan dari mata kuliah ini mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi di bidang kuliner dan sebagai dasar untuk mata kuliah selanjutnya.

Manajemen Dasar dan Bisnis Kuliner

mata kuliah ini memberikan pembelajaran mengenai fungsi manajemen, manajemen SDM, manajemen produksi, manajemen keuangan, dan manajemen pemasaran terutama di bidang pangan dan kuliner. mahasiswa diharapkan dapat menyusun perencanaan usaha atau bisnis dengan metode Bisnis Model Canvas dan mempraktekkan pemasaran secara langsung dengan menentukan segmentasi, target dan posisi produk di pasar.

Mata kuliah Pengolahan Pangan Dasar merupakan mata kuliah dasar pengolahan yang menjadi pengetahuan awal untuk pengembangan pengolahan berikutnya.

Mata kuliah Teknologi Pengolahan Pangan merupakan matakuliah yang melibatkan teknologi pangan secara sederhana yang bisa menunjang dalam kelancaran proses bisnis jasa makanan.

Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberikan pengetahuan dalam pengolahan pangan sehingga apabila membutuhkan bahan baku yang melibatkan teknologi, bisa diusahakan dan dikelola sendiri.