Prodi Bisnis Jasa Makanan D4

Manajemen Dasar dan Bisnis Kuliner

mata kuliah ini memberikan pembelajaran mengenai fungsi manajemen, manajemen SDM, manajemen produksi, manajemen keuangan, dan manajemen pemasaran terutama di bidang pangan dan kuliner. mahasiswa diharapkan dapat menyusun perencanaan usaha atau bisnis dengan metode Bisnis Model Canvas dan mempraktekkan pemasaran secara langsung dengan menentukan segmentasi, target dan posisi produk di pasar.

Mempelajari dasar hukum, sebab akibat, hikmah sampai metode penyiapan, pengujian dan sertifikasi jaminan halal untuk produk pangan. penyiapan produk halal dengan memperhatikan produk turunan dari babi, titik kritis produk setiap tahapan prosesnya.

Mata kuliah ini mengajarkan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan kulineri seperti teknik dasar persiapan memasak, pemotongan, pengolahan hingga penyajian makanan. Mahasiswa akan belajar secara langsung di dalam laboratorium kuliner dari mulai persiapan bahan dan alat yang digunakan, pengolahan dan penyajian makanan. Mahasiswa juga diajarkan berbagai teknik pengolahan dasar seperti teknik memasak dengan cara panas kering dan juga panas basah. 

Diharapkan dari mata kuliah ini mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi di bidang kuliner dan sebagai dasar untuk mata kuliah selanjutnya.

Kita akan belajar komoditas telur, susu, daging, ikan meliputi:

- Parameter mutu

- Cara penanganan/ penyimpanan yang baik

- Pengaruh pengolahan

Mata kuliah pengolahan pangan nabati ini mempelajari tentang teori dan praktek pengolahan makanan dan minuman dari bahan nabati, mulai dari penyusunan menu, proses pengolahannya, serta pengendalian gizi dan keamanannya. Pengolahan pangan nabati akan dikelompokkan berdasarkan komoditasnya seperti biji-bijian dan kacang-kacangan, buah dan sayur, legume dan serealia, serta umbi-umbian, rempah-rempah dan bahan nabati lainnya yang mencakup tentang teori penyusunan menu, jenis hasil olahan dan proses pengolahannya, serta pengendalian gizi dan keamanan selama proses pengolahan tersebut. Bagian akhir dari mata kuliah pengolahan pangan nabati adalah praktek pengolahan pangan berbahan nabati yang termasuk dalam komoditas tersebut dengan memperhatikan penyusunan menu serta pengendalian gizi dan keamanan.

Pengolahan pangan nabati sudah banyak dikembangkan di industri jasa boga baik dalam bentuk makanan maupun minuman. Namun, olehan bahan nabati tersebut masih sederhana dan nilai jualnya relatif rendah. Dalam mata kuliah ini akan dikembangkan kemampuan peserta didik untuk meningkatkan nilai jual dan nilai guna bahan pangan nabati menjadi makanan dan minuman yang tidak hanya sehat dan enak tetapi memiliki nilai seni yang tinggi. Sehingga di akhir perkuliahan, peserta didik sudah memiliki alternatif menu untuk dikembangkan setelah memperoleh gelar Sarjana Terapan.

Proses belajar dilakukan dengan metode Case Based Learning (CBL) yang fokus pada masalah-masalah nyata dan ditemui oleh peserta didik, seperti cara menganalisis dan mengevaluasi produk olahan bahan nabati yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. Selain itu, peserta didik distimulasi untuk memikirkan dan merencanakan menu olahan bahan nabati sendiri yang berbasis produk pangan lokal yang fungsional dan artistik. Model pembelajaran yang dikembangkan mengacu pada penerapan Student Center Learning (SCL) sehingga, diharapkan peserta mampu melihat, menganalisis, serta mengevaluasi produk olahan berbahan nabati yang sudah ada keadaan, sekaligus dapat mengembangkan ide-ide inovatif untuk menghasilkan olahan bahan nabati yang tidak hanya sehat dan enak tetapi memiliki nilai seni yang tinggi.