Short Course Produk Kreatif & Bisnis Startup membahas tentang merancang produk, menganalisis peluang usaha, merancang jalinan kerjasama bisnis (market plan), dan mampu membuat, serta memasarkan rancangan usaha (bisnis plan). Mata kuliah tersebut merupakan mata kuliah yang mencerminkan ciri khas Prodi PVTO yang memberikan jembatan kepada mahasiswa untuk dapat mengeluarkan kemampuan dalam memiliki gagasan dan ide untuk menghasilkan produk-produk dan rancangan berwirausaha dengan inovatif dan berbasis Industri. Gagasan dan ide inovatif tersebut akan dijadikan sebuah peluang bisnis startup yang dapat dijalankan oleh mahasiswa untuk dijadikan peluang melakukan bisnis rintisan.
Berdasarkan uraian tersebut, maka short course tentang Produk kreatif & Bisnis Startup ini sangat menarik untuk diikuti sebagai bekal yang kuat bagi mahasiswa setelah lulus dari Universitas.
- Dosen: Caraka Putra Bhakti
- Dosen: Choirul Fajri, S.I.Kom, M.A
- Dosen: Arief Kurniawan, M.Pd.
- Dosen: TARSIMIN, S.T., M.M.
- Dosen: Dr. Budi Santosa
- Mahasiswa terdaftar: 42
Course Penulisan Naskah Iklan (Copywriting) memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa dalam penyusunan naskah iklan media cetak dan media elektronik secara benar. Bahan ajar yang akan disampaikan dalam course ini meliputi unsur-unsur dasar copywriting, Menyusun creative brief, memilih strategi kreatif, dan menulis naskah iklan.
Couse ini hadir untuk menjawab tantangan dunia industri kreatif terutama dalam dunia periklanan sebagai sarana untuk mempromosikan produk maupun jasa. Iklan adalah setiap bentuk komunikasi yang dimaksudkan untuk memotivasi dan mempromosikan produk dan jasa kepada seseorang atau pembeli potensial, mempengaruhi dan memenangkan pendapat publik untuk berfikir dan bertindak sesuai dengan keinginan pemasang iklan.
Untuk menghasilkan sebuah iklan yang mampu menarik perhatian, membangkitkan minat, merangsang hasrat, menciptakan keyakinan dan melahirkan tindakan untuk membeli atau menggunakan barang/jasa yang dipromosikan, diperlukan teknik penulisan naskah iklan (copywriting) yang baik, efektif, dan efisien.
Copywriting adalah optimalisasi penggunaan Bahasa untuk tujuan promosi dan membujuk target audiens (Albrighton, 2013). Dari definisi tersebut jelas bahwa alat utama dari copywriting adalah bahasa dan tujuannya juga jelas yakni untuk keperluan promosi serta membujuk target audients. Copywriting dapat dengan mudah ditemukan di tempat-tempat dimana aktivitas ekonomi sering terjadi, misal; di pasar, supermarket, mall, pamflet yang dipampang berisi tentang janji kemudahan mendapatkan aneka fasilitas hingga tawaran kenyamanan berbelanja. Tulisan dalam wujud teks atau narasi yang berisi pesan penjualan itulah copywriting.
Kekuatan narasi, teks atau pilihan kata dari sebuah iklan membuat banyak orang terpengaruh untuk berbuat seperti yang dikehendaki pesan iklan tersebut. Kekuatan naskah kadang bisa dirasakan halus, sedikit mengajari, namun disatu sisi sering dirasakan sebagai suatu perintah. Bisa dikatakan promosi apapun tanpa disertai dengan dukungan narasi yang memadai maka akan tidak akan berarti apa-apa.
Naskah iklan merupakan wujud karya kreatif. Naskah iklan merupakan wujud jawaban dari brief kreatif, sebuah produk yang akan diiklankan. Fungsi naskah iklan menjadi sangat penting karena berangkat dari naskah inilah sebuah proses produksi iklan akan dilaksanakan. Naskah iklan akan dijadikan pedoman dalam sebuah produksi. Dalam membuat iklan radio kita membutuhkan sebuah naskah yang berisi tentang narasi, ilustrasi music dan efek suara. Iklan televise juga membutuhkan naskah iklan terutama untuk memberi gambaran detail, apa saja yang perlu didialogkan oleh pemain (talent), apa yang perlu dipahami oleh seorang Director Of Photographi (DOP) dalam memvisualkan pesan, apa yang perlu dipersiapkan oleh seorang Soundman, dan masih banyak lagi. Artinya fungsi naskah sangat vital dalam proses produksi iklan radio dan iklan televisi.
- Dosen: Caraka Putra Bhakti
- Dosen: Choirul Fajri, S.I.Kom, M.A
- Dosen: Intan Rawit Sapanti, S.Pd, M.A
- Dosen: Laga Adhi Dharma, S.S., M.A.
- Dosen: Nur Alifah Septiani, S.S., M.A.
- Dosen: Tristanti Apriyani, S.S., M.Hum
- Mahasiswa terdaftar: 87
Content Writing Course ini membekali mahasiswa untuk memiliki sub kompetensi memproduksi konten-konten menarik di media online dalam Bahasa Inggris. Kompetensi menulis konten pada media online ini merupakan salah satu keterampilan masa depan dan telah menjadi pekerjaan baru yang banyak dibutuhkan di dunia usaha. Kursus ini mempunyai peran strategis untuk mendukung pengembangan usaha di era industri 4.0 dan society 5.0.
Dalam pelatihan ini mahasiswa akan mendapatkan pelatihan konsep dasar dalam content writing, journalism writing, Search Engine Optimization (SEO) based writing, copywriting dan penguatan softskill yang relevan untuk menunjang performa sebagai content writer. Pengampu dalam kursus ini merupakan dosen dengan pengalaman jurnalistik, dan praktisi berpengalaman dalam content writing yang telah melayani konsumen di seluruh Indonesia juga luar negeri. Dalam kursus ini, mahasiswa berkesempatan untuk praktik menulis konten dalam Bahasa inggris secara langsung dan mendapatkan review dari praktisi berpengalaman. Mahasiswa yang lulus dari kursus ini berkesempatan untuk langsung bergabung sebagai content writer dalam dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yang telah bermitra dengan UAD. Untuk dapat mengikuti short course ini, mahasiswa disyaratkan untuk memiliki nilai TOEFL minimal 450, minimal sudah semester IV, dan telah menempuh mata kuliah writing dan grammar/structure.
- Dosen: Caraka Putra Bhakti
- Dosen: Choirul Fajri, S.I.Kom, M.A
- Dosen: Fauzia, M.A.
- Dosen: Soviyah, S.Pd., M.Hum.
- Dosen: Drs. Japen Sarage, M.A
- Dosen: Devanie Firananda Happy Agtasia, S.Pd.
- Dosen: Dr. Ani Susanti, S. Pd., M. Pd. BI.
- Dosen: Isnanisha Karlina
- Dosen: kiki noventri hermawanto, S.Pd.
- Dosen: Muh Saeful Efendi, M.Pd.BI.
- Dosen: Muh Saeful Effendi, M.Pd
- Dosen: Nur Fatimah, S.Pd., M.Hum.
- Dosen: Prayudha, M.A.
- Dosen: Rahmi Munfangati
- Dosen: Danu Adji Wibisono Triatmojo
- Dosen: Della Cahaya Praditasari
- Dosen: Habib Abdul Muhyi
- Dosen: Melinda Aisyah, S.Psi., M.A
- Dosen: Renica Ryadi
- Mahasiswa terdaftar: 161
Potensi teknologi informasi yang harus dimiliki oleh seorang konselor dan calon konselor dalam hal ini yang berkaitan dengan pelayanan konseling adalah penggunaan komunikasi berbasis daring (dalam jaringan) untuk terapi (konseling) dan konsultasi. Bimbingan dan konseling juga memerlukan suatu penyesuaian dengan kemajuan zaman yaitu dengan penerapan aplikasi dalam teknologi. Komunikasi Cybercounseling ini tidak mengharuskan konselor untuk menanggapi langsung dengan apa yang klien kirimkan. Konselor mempunyai waktu untuk berpikir, mengevaluasi, dan menulis balasan untuk konseli. Bagaimanapun pada saat ini dan masa mendatang, pelayanan konseling akan berbasis daring (dalam jaringan) untuk menyediakan bantuan pada tempat dan waktu yang berbeda. Pada akhirnya konselor professional di tuntut untuk menyediakan layanan konseling secara online dengan mempergunakan teknologi berupa perangkat Cyber dalam membantu klien memecahkan masalah yang dihadapinya.
Untuk mendukung layanan konseling Era Teknologi, Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UAD menyusun sebuah short course/ kursus singkat yang mendukung skill konselor dimasa mendatang. Kursus singkat ini melibatkan High Tech Teacher, Dosen Bimbingan dan Konseling, serta Guru Bimbingan dan Konseling.
- Dosen: Aprilia Setyowati, M.Pd.
- Dosen: Caraka Putra Bhakti
- Dosen: Dr. Akhmad Fajar Prasetya, M.Pd
- Dosen: Dr. Dody Hartanto, M.Pd
- Dosen: Dr. Hardi Santosa, M.Pd.
- Dosen: Hardi Prasetiawan, M.Pd
- Dosen: Irvan Budhi Handaka, M.Pd.
- Dosen: Choirul Fajri, S.I.Kom, M.A
- Dosen: lovandri Dwanda putra
- Dosen: Athika Dwi Wiji Utami, M.Pd. ACA
- Dosen: Filianti, S.Pd
- Dosen: Gusmiar Edi Chandra, S.Pd.
- Mahasiswa terdaftar: 160
Startup Company merupakan usaha bisnis rintisan awal yang menjalankan inovasi teknologi dalam kegiatan bisnisnya. Rintisan usaha awal ini menjadi momen penting bagi para pelaku usaha agar dapat mengembangkan usahanya ke level yang lebih tinggi. Pendirian Startup Company memliki berbagai aspek ketrampilan, seperti aspek ketrampilan legal, marketing, dan negosiasi. Pelatihan ini memberikan bekal soft skill dan hard skill kepada mahasiswa terkait dengan sisi substantif teori perusahaan dan praktik pendiriannya yang melibatkan teknologi terkini.
Lawpreneurship Startup Company adalah short course yang dikerjasamakan antara Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan dengan tim dari PT Alfakaza Mustika. Perusahaan ini bergerak di bidang usaha travel haji dan umrah yang memiliki unit kerjasama dengan berbagai penggerak startup dalam bidang Information and Technology (IT). Kerjasama ini diinisiasi bersama pada Focus Group Discussion (FGD) pada hari Ahad, 25 April 2021 dan dihadiri oleh para pihak: dari Fakultas Hukum dan dari PT Mitra. Hasil diskusi mengerucut kepada kesenjangan antara wawasan dan penerapan aspek hukum perusahaan dan pajak pada ranah praktis di lapangan. Utamanya dalam hal ini adalah perihal model pendirian startup company melalui peran kemajuan digital. Sehingga, dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat mengikat kesenjangan yang putus tersebut agar mahasiswa dapat berperan lebih di dunia praktis, baik sebagai konsultan perusahaan ataupun pelaku bisnis yang mendirikan perusahaan.
- Dosen: Caraka Putra Bhakti
- Dosen: Deslaely Putranti, S.H., M.H.
- Dosen: Dr., Fithriatus Shalihah, S.H., M.H.
- Dosen: Fauzan Muhammadi, Lc., LL.M.
- Dosen: Muhammad Farid Alwajdi, S.H., M.Kn
- Dosen: Muhammad Nur, S.H., M.H.
- Dosen: Uni Tsulasi Putri, S.H., M.H.
- Dosen: Wita Setyaningrum, S.H., LL.M.
- Dosen: Alfa Edison Haji, Lc., M.A.
- Dosen: Bulit Sesariza
- Dosen: Chandra Kirana M.Ng.
- Dosen: Jaha Nababan
- Dosen: Zaki Yamani
- Mahasiswa terdaftar: 161
Short course ini merupakan bagian dari program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan oleh Program studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan yang bekerjasama dengan Taman Edukasi Satwa dan Ternak Sato Loka. Mitra telah memiliki pengalaman nyata dalam konservasi dan merupakan contoh upaya pelestarian secara ex-situ yang dilakukan oleh individu/masyarakat. |
Program short course ini dilakukan secara blended learning (asynchronous-synchronous). Blended learning dilakukan untuk menyampaikan berbagai materi pengetahuan mendasar terkait dengan konservasi, sedangkan praktik konservasi di tempat mitra disimulasikan melalui video yang diambil langsung dari lokasi mitra. Model pembelajaran mengedepankan student center learning dengan model Project Based Learning.
- Dosen: Caraka Putra Bhakti
- Dosen: Choirul Fajri, S.I.Kom, M.A
- Dosen: hendro kusumo eko prasetyo moro M.Sc
- Dosen: Much Fuad Saifuddin, M.Pd
- Dosen: Rino Hari Prasetyo
- Dosen: Yahya Hanafi, M.Sc.
- Dosen: Rizal Ananda Sugianto, S.Si.
- Mahasiswa terdaftar: 41